Senin, 13 Agustus 2018

Cara Menghadapi Pasangan Yang Suka Berbohong

Pacar berbohong itu ada tiga kemungkinan yang menjadi penyebabnya. 
Pertama Dia tertekan oleh pertanyaan menyudutkan hingga terpaksa berbohong. 

Kedua karena memang sudah terbiasa berbohong untuk menciptakan kesan yang berbeda.

Ketiga Dia berbohong karena takut kehilangan Kamu atas sesuatu yang menimpa atau terjadi padanya.
Padahal Kamu sendiri lebih suka dengan kejujuran.
Bagi Kamu kejujuran adalah pondasi utama dalam menjalin hubungan.
Meskipun Kamu sudah jujur, tapi pacar tidak bisa seperti itu. 
Sering sekali Dia berbohong untuk menutupi sesuatu. Biasanya kebohongan dilakukan untuk menutupi kecurangan yang Dia lakukan. Kamu sebenarnya sudah lelah dengan keadaan ini. Dan berharap Dia mendapat pelajaran dari kebiasaan bohongnya. Maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat pacar yang suka bohong kapok. Harapannya tentu bisa berubah menjadi lebih jujur atau Dia akan kehilangan diri Kamu.



1. Mengabaikan Dia sementara ketika Dia terbukti berbohong

Sebenarnya sulit untuk mengabaikan Dia, karena hasrat Kamu terhadapnya masih cukup besar. Kesalahan terburuk saat Dia terbukti berbohong, adalah Kamu menerima penjelasan Dia meskipun sebenarnya belum yakin hanya untuk tetap mendapatkan ketenangan. Kamu memaksakan diri untuk percaya agar hubungan berjalan dengan semestinya. Padahal jika Kamu memang ingin memberi pelajaran padanya, Kamu harus bisa mengabaikan Dia ketika terbukti berbohong. Sejenak mengabaikan Dia sebagai bentuk protes secara halus karena Dia sudah berbohong

2. Menjadikan kebohongan Dia sebagai tuntutan untuk menjadi prinsipnya

Kebohongan yang dimaksud adalah kebohongan untuk menunjukkan kesan baik. Sebagai contoh pacar Kamu sepertinya dekat dengan si A. Kemudian Dia menyatakan "Gak mungkin Aku dekat dengan si A, bukan level Aku". Kemudian Kamu menjawab "Bener juga ya, cuma Orang bodoh yang mau sama si A". Sehingga akan tercipta kesan memalukan jika Dia benar-benar menjalin kedekatan dengan si A. Kamu bisa terus mengulang hal ini berkali-kali hingga tertanam dalam pikiran Dia bahwa hal itu memalukan. Sambil menunjukkan kekurangan si A dihadapan pacar Kamu. Apakah ini dosa, tentu tidak karena ini untuk memperingatkan Orang agar tidak terjerumus. Jadi Kamu akan mendapatkan 2 kemungkinan manfaat. Jika Dia benar-benar dekat dengan si A, Dia gengsi jika terus melanjutkan. Tapi jika Dia tidak dekat dengan si A, maka Dia akan berusaha untuk tidak melakukannya.


3. Kamu memaafkan tapi setelahnya Kamu tidak perlu mempertanyakan sesuatu kembali

Ketika pacar ketahuan berbohong biasanya Dia akan meminta maaf. Atau setidaknya melakukan tindakan penebusan sebagai wujud minta maaf. Jika begitu Kamu langsung saja memaafkannya, tidak perlu mempertanyakan alasan dan lain sebagainya tentang hal itu. Simpan rasa penasaran Kamu dan jangan sampai mempertanyakan sesuatu kembali.


4. Lebih menjaga jarak jika Dia kembali mengulangi kebohongannya

Kamu mungkin bisa mengurangi waktu komunikasi, mengurangi waktu pertemuan, dan lain sebagainya. Buat jarak agar Dia sadar bahwa kebohongannya memberi dampak buruk terhadap sikap Kamu. Dia akan tahu bahwa Kamu sudah berubah yang disebabkan oleh kebohongannya. Jika memang hasrat Dia dengan Kamu lebih besar, Dia tentu akan merasa perlu untuk memperbaiki diri. Selain berguna untuk membuatnya merasa kapok, jaga jarak juga menghindarkan Dia merasa bosan lebih cepat.



5. Langsung menunjukkan rasa percaya tanpa menuntut penjelasan lebih banyak

Tidak ada gunanya Kamu meragukan pernyataannya apalagi mendesak Dia agar mengaku lebih banyak. Justru itu akan membuat Dia merasa tertekan dan akan menambah kebohongannya. Lebih baik diam saja dan tunjukkan kesan percaya sama dia. Namun setelah itu Kamu memilih untuk tidak banyak kata dan menghindari menghujani Dia dengan berbagai macam pertanyaan. Dijamin tanpa diminta, Dia akan menjelaskan sesuatu yang lebih banyak dengan sendirinya.


6. Berhentilah berharap mendapatkan informasi apapun darinya

Jika memang ketahuan Dia adalah sosok yang suka bohong maka berhenti berharap mendapatkan informasi darinya. Kamu tidak perlu menjadikan Dia kepercayaan. Kamu tidak perlu
penasaran dengan apapun yang terjadi padanya. Ini akan membuatnya mengerti bahwa Kamu sudah tidak ada kepercayaan padanya. Jika memang Dia sayang, Dia tentu akan berusaha membuktikan bahwa Dia adalah Orang yang jujur, jika tidak Kamu memang harus melakukan hal yang berikutnya.


7. Sekaligus berhenti berharap tentang apapun padanya

Jika Dia tidak berubah dan berusaha menjadi sosok yang lebih jujur, Kamu tidak pantas berharap apapun padanya. Dia bukan sosok yang pantas Kamu pertahankan. Memang Kamu sulit sekali menghilangkan perasaan padanya. Tapi jika Kamu terus bertahan, suatu saat nanti Kamu akan merasakan lebih sakit oleh kebohongannya. Jika Dia bisa menjadi lebih jujur, memang pantas Kamu pertahankan. Tapi jika tidak ada perubahan baik, Dia bukan sosok yang tepat untuk Kamu. Kamu masih punya kesempatan untuk membangun hubungan dengan Orang yang jujur.

Berat memang rasanya jika Kamu sendiri masih sayang sama Dia. Tapi akan lebih berat jika Kalian sudah terlanjur serius dan terlalu jauh. Tanpa ada perubahan pasti Dia akan mengandalkan kebohongan untuk hubungan Kalian. Dan jelas ini tidak akan memberikan manfaat apalagi masa depan yang baik.

Tidak ada komentar: